Media penyuluhan pertanian adalah segala bentuk benda yang berisi pesan atau informasi yang dapat
membantu kegiatan penyuluhan pertanian. Media penyuluhan pertanian berguna
untuk mengefektifkan komunikasi antar sumber
informasi dan penerima (komunikan).
Penggunaan
media penyuluhan pertanian akan membantu memperjelas informasi yang disampaikan
kepada penggunanya, karena dapat lebih menarik, lebih interaktif, dapat
mengatsi batasan ruang, waktu dan indera manusia. Agar
informasi yang disampaikan bias lebih jelas dan mudah dipahami sesuai dengan
tujuan yang akan dicapai maka informasi tersebut perlu dikemas sesuai dengan
karakteristik dari setiap media.
Di dalam penyuluhan, sarana penyuluhan sangat penting untuk membantu
kelancaran pelaksanaan penyuluhan maupun untuk memperjelas materi yang
disampaikan agar mudah diingat dipahami oleh masyarakat sasarannya.
Tentang hal alat bantu penyuluhan, Totok Mardikanto (1985) telah mengemukakan ragam alat bantu penyuluhan
yang diperlukan setiap penyuluh sebagai berikut :
1.
Kurikulum
2. Gambar persiapan penyuluhan
3. Papan tulis dan papan menempel
4. Alat tulis
5. Projector
6. Perlengkapan ruangan.
Ø Alat Peraga
Penyuluhan
Alat-alat penyuluhan yaitu berupa:
1. Benda, berupa: sampel (contoh),
model (tiruan), spesimen (benda yang diawetkan).
2. Barang cetakan, berupa: poster dan
foto
3. Gambar diproyeksikan berupa: slide,
film, video, TV.
4. Lambang atau grafika, berupa:
grafik, diagram, skema, dan peta.
Ø Pemilihan Media Penyuluhan Kehutanan
Suatu hal
yang diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya. Pengetahuan seperti ini sangat penting, karena:
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya. Pengetahuan seperti ini sangat penting, karena:
1. Tidak semua alat peraga selalu tersedia atau mudah disediakan oleh
penyuluhnya pada sembarang tempat dan waktu.
2. Alat peraga yang mahal selalu merupakan jaminan sebagai alat peraga yang
efektif untuk tujuan perubahan perilaku tertentu.
3. Untuk tujuan perubahan pelaku tertentu tersedia banyak alternatif alat
peraga yang dapat digunakan, tetapi dengan tingkat efektivitas dan tingkat
kemahalan yang
berbeda.
berbeda.
Karakteristik Umum Media Penyuluhan :
Ø Media Massa,
karakteristik umum :
- Menjangkau banyak orang, tetapi tingkat pengaruhnya rendah
- Menjangkau khalayak baru dan hanya sebatas pada tingkat kesadaran
- Bertujuan untuk memperkenalkan program atau pesan diwilayah tertentu
Ø Media Antar Perorangan,
karakteristik umum :
- Biasanya diperlukan untuk merubah sikap atau perilaku
- Mempunyai pengaruh besar terhadap sedikit orang
- Memungkinkan adanya pertanyaan dan umpan balik
Ø Media
Audio/Video, karakteristik umum :
1. Dapat digunakan oleh perorangan atau
kelompok
2. Memerlukan
peralatan
Suatu hal
yang diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya.
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya.