Jumat, 03 Januari 2014

MEDIA PENYULUHAN KEHUTANAN



Media penyuluhan pertanian adalah segala bentuk benda yang berisi pesan atau informasi yang dapat membantu kegiatan penyuluhan pertanian. Media penyuluhan pertanian berguna untuk mengefektifkan komunikasi antar sumber informasi dan penerima (komunikan).

Penggunaan media penyuluhan pertanian akan membantu memperjelas informasi yang disampaikan kepada penggunanya, karena dapat lebih menarik, lebih interaktif, dapat mengatsi batasan ruang, waktu dan indera manusia. Agar informasi yang disampaikan bias lebih jelas dan mudah dipahami sesuai dengan tujuan yang akan dicapai maka informasi tersebut perlu dikemas sesuai dengan karakteristik dari setiap media. Di dalam penyuluhan, sarana penyuluhan sangat penting untuk membantu kelancaran pelaksanaan penyuluhan maupun untuk memperjelas materi yang disampaikan agar mudah diingat dipahami oleh masyarakat sasarannya.

Tentang hal alat bantu penyuluhan, Totok Mardikanto (1985) telah mengemukakan ragam alat bantu penyuluhan yang diperlukan setiap penyuluh sebagai berikut :
1.      Kurikulum
2.      Gambar persiapan penyuluhan
3.      Papan tulis dan papan menempel
4.      Alat tulis
5.    Projector
6.      Perlengkapan ruangan.

Ø  Alat Peraga Penyuluhan
      Alat-alat penyuluhan yaitu berupa:
1.         Benda, berupa: sampel (contoh), model (tiruan), spesimen (benda yang    diawetkan).
2.      Barang cetakan, berupa: poster dan foto
3.      Gambar diproyeksikan berupa: slide, film, video, TV.
4.      Lambang atau grafika, berupa: grafik, diagram, skema, dan peta.

Ø  Pemilihan Media Penyuluhan Kehutanan

Suatu hal yang diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya.  Pengetahuan seperti ini sangat penting, karena:

1. Tidak semua alat peraga selalu tersedia atau mudah disediakan oleh penyuluhnya pada sembarang tempat dan waktu.
2. Alat peraga yang mahal selalu merupakan jaminan sebagai alat peraga yang efektif untuk tujuan perubahan perilaku tertentu.
3. Untuk tujuan perubahan pelaku tertentu tersedia banyak alternatif alat peraga yang dapat digunakan, tetapi dengan tingkat efektivitas dan tingkat kemahalan yang
berbeda.

Karakteristik Umum Media Penyuluhan :
Ø  Media Massa, karakteristik umum :
  1. Menjangkau banyak orang, tetapi tingkat pengaruhnya rendah
  2. Menjangkau khalayak baru dan hanya sebatas pada tingkat kesadaran
  3. Bertujuan untuk memperkenalkan program atau pesan diwilayah tertentu
Ø  Media Antar Perorangan, karakteristik umum :
  1. Biasanya diperlukan untuk merubah sikap atau perilaku
  2. Mempunyai pengaruh besar terhadap sedikit orang
  3. Memungkinkan adanya pertanyaan dan umpan balik
Ø  Media Audio/Video, karakteristik umum :

1.      Dapat digunakan oleh perorangan atau kelompok
2.      Memerlukan peralatan
Suatu hal yang diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan
penyuluhan adalah, pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efesien untuk tujuan perubahan perilaku sasaran, yang diinginkan penyuluhnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar